Qul Man Dzal Ladzii Ya'shimukum, Surat Apa dan Ayat Berapa? Berikut Arti dan Tafsirnya

- 3 Agustus 2022, 15:16 WIB
Ilustrasi: Qul man dzal ladzii: Arab, Latin, terjemah
Ilustrasi: Qul man dzal ladzii: Arab, Latin, terjemah /Pixabay/pexels

MALANG TERKINI - Ayat 'Qul man dzal ladzii ya’shimukum minallahi' merupakan cuplikan ayat ke-17 dalam surat al-Ahzab.

Berikut teks Arab, Latin, dan terjemahan dari ayat 'Qul man dzal ladzii ya’shimukum minallahi', disertai penjelasan tafsir singkat dari Kemenag RI:

قُلْ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَعْصِمُكُمْ مِّنَ اللّٰهِ اِنْ اَرَادَ بِكُمْ سُوْۤءًا اَوْ اَرَادَ بِكُمْ رَحْمَةً ۗوَلَا يَجِدُوْنَ لَهُمْ مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ وَلِيًّا وَّلَا نَصِيْرًا

Qul man dzaal-ladzii ya’shimukum minallahi in araada bikum suu-an au araada bikum rahmatan walaa yajiduuna lahum min duunillahi walii-yan walaa nashiiran.

Baca Juga: Robbi Yassir Wala Tu Assir Rabbi Tammim Bil Khoir: Arab, Latin, Arti, dan Manfaatnya

Artinya: "Katakanlah, siapakah yang dapat melindungi kamu dari (ketentuan) Allah jika Dia menghendaki bencana atasmu atau menghendaki rahmat untuk dirimu? Mereka itu tidak akan mendapatkan pelindung dan penolong selain Allah." (QS. Al Ahzab: 17)

Ayat 'Qul man dzal ladzii ya’shimukum minallahi' jelaskan bahwa asbab atau hukum kausalitas itu tidak berlaku ketika Allah sudah berkehendak memberi manfaat atau mudarat.

Dalam tafsir singkat yang diterbitkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) dijelaskan pengertian ayat Qul man dzal ladzii ya’shimukum minallahi' sebagai berikut:

Baca Juga: Dikabarkan Segera Menikah, Berikut Profil dan Biodata Kento Yamazaki Lengkap dari Karir, Film, dan Penghargaan

Halaman:

Editor: Anisa Alfi Nur Fadilah


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x