Besok Puasa Sunnah Apa Tanggal 7 dan 8 Agustus 2022? Simak Selengkapnya!

- 6 Agustus 2022, 17:45 WIB
Ilustrasi: Puasa Sunnah yang dianjurkan besok pada tanggal 7 dan 8 Agustus 2022
Ilustrasi: Puasa Sunnah yang dianjurkan besok pada tanggal 7 dan 8 Agustus 2022 /Pixabay/ Pexels.

MALANG TERKINI - Beberapa orang ada yang bertanya, besok puasa sunnah apa tanggal 7 dan 8 Agustus 2022? Untuk mengetahui jawabannya simak penjelasan berikut ini.

Besok hari Minggu tanggal 7 Agustus 2022 adalah hari tasu'a. Pada hari tersebut disunahkan berpuasa tasu'a. Puasa tasu'a adalah puasa yang dilaksanakan pada tanggal 9 Muharram.

Sementara besoknya, hari Senin tanggal 8 Agustus 2022 adalah hari Asyura. Pada hari tersebut disunahkan berpuasa Asyura. Puasa Asyura adalah puasa yang dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram.

Baca Juga: Puasa Tasua dan Asyura 10 Muharram Tanggal Berapa? Apa Keutamaan dan Bagaimana Niat untuk Melakukannya

Puasa tasu'a dan Asyura menjadi amalan yang sangat penting dilakukan di tanggal 9 dan 10 Muharram karena pada tanggal tersebut banyak tersimpan peristiwa penting dalam sejarah Islam. Dalam hadits disebutkan:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، قَالَ: قَدِمَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَدِينَةَ، فَوَجَدَ الْيَهُودَ يَصُومُونَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ فَسُئِلُوا عَنْ ذَلِكَ؟ فَقَالُوا: هَذَا الْيَوْمُ الَّذِي أَظْهَرَ اللهُ فِيهِ مُوسَى، وَبَنِي إِسْرَائِيلَ عَلَى فِرْعَوْنَ، فَنَحْنُ نَصُومُهُ تَعْظِيمًا لَهُ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: نَحْنُ أَوْلَى بِمُوسَى مِنْكُمْ فَأَمَرَ بِصَوْمِهِ

Dari Ibnu Abbas RA, beliau berkata: "Rasulullah SAW hadir di kota Madinah, kemudian beliau menjumpai orang Yahudi berpuasa di bulan ‘Asyura, kemudian mereka ditanya tentang puasanya tersebut, mereka menjawab: hari ini adalah hari dimana Allah SWT memberikan kemenangan kepada Nabi Musa AS dan Bani Israil atas Fir’aun, maka kami berpuasa untuk menghormati Nabi Musa. Kemudian Nabi bersabda: Kami (umat Islam) lebih utama dengan Nabi Musa dibanding dengan kalian, Kemudian Nabi Muhammad memerintahkan untuk berpuasa di hari ‘Asyura." (HR. Muslim).

Baca Juga: Resep Risol Mayo Margo yang Viral di TikTok, Contoh Peluang Ide Bisnis Rumahan

Lalu bagaimana bacaan niat puasa tasu'a dan Asyura? Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai niat, tata cara, hingga doa buka puasa tasu'a dan Asyura.

Halaman:

Editor: Anisa Alfi Nur Fadilah


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x