Cara Meneladani Asmaul Husna Al Karim, Al Mukmin, dan Al Wakil

- 6 Agustus 2022, 20:33 WIB
Pengertian dan cara meneladani asmaul husna Al Wakil, Al Mukmin, dan Al Karim
Pengertian dan cara meneladani asmaul husna Al Wakil, Al Mukmin, dan Al Karim /John1cse/pixabay

MALANG TERKINI - Bagaimana cara meneladani asmaul husna Al Karim, Al Mukmin, dan Al Wakil? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ikuti beberapa informasi berikut ini terkait asmaul husna.

Dilansir dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA kelas X SMA Edisi Revisi 2017 terbitan Kemendikbud, asmaul husna terdiri dari dua kata, yaitu asma dan husna.

Asma artinya nama-nama, dan husna artinya baik atau indah. Jadi, secara istilah asmaul husna diartikan sebagai nama-nama baik yang milik Allah.

Baca Juga: Robbi Lahul Asmaul Husna Lirik Arab, Latin dan Artinya

Ada 99 nama yang terkandung dalam asmaul husna, hal ini berdasarkan dalil yang yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Begini lafaz dalil tersebut:

عن أبي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: "للهِ تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ اسمًا مِئةٌ إِلا وَاحَدِةً لا يَحْفَظُها أحَدٌ إلا دَخَلَ الجَنَّةَ، وهو وَتْرٌ يُحِبُّ الوَتْرَ

Artinya: “Dari Abu Hurairah ra. sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya Allah Swt. mempunyai sembilan puluh sembilan nama, seratus kurang satu, barang siapa yang menghafalkannya, maka ia akan masuk surga”. (H.R. Bukhari).

Dari 99 nama yang ada, ada beberapa nama yang diajarkan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X SMA, beberapa contohnya adalah Al Karim, Al Mukmin, dan Al Wakil.

Baca Juga: 5 Contoh Puisi Tema Hari Kemerdekaan, Cocok Digunakan Untuk Lomba Puisi Memperingati HUT RI KE-77

Halaman:

Editor: Anisa Alfi Nur Fadilah


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x