Sikat Gigi di Siang Hari Saat Ramadhan Membatalkan Puasa? Cek Penjelasan Kemenag

- 23 Maret 2023, 13:17 WIB
Ilustrasi Menyikat Gigi
Ilustrasi Menyikat Gigi /Freepik/ Jcomp

MALANG TERKINI – Pada artikel ini membahas apakah sikat gigi saat puasa di siang hari membatalkan puasa Ramadhan? Simak penjelasan menurut Kementerian Agama (Kemenag) disini.

Saat memasuki bulan Ramadhan maka seluruh umat muslim diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Dimana saat itu umat muslim tidak diperbolehkan untuk memasukkan sesuatu ke dalam mulut, hingga datang saatnya berbuka puasa. Banyak orang yang meragukan jika melakukan sikat gigi saat puasa maka akan membatalkan ibadah wajib tersebut.

Ketika sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan, tentu saja tidak makan dan minum dalam kurun waktu kurang lebih 13 jam dapat membuat aroma mulut berbau dan membuat tidak nyaman bagi sebagian orang. Sehingga memilih sikat gigi saat puasa untuk menghindari rasa tidak nyaman akibat bau mulut tersebut.

Baca Juga: Kapan Mulai Puasa 2023? Kemenag Gelar Sidang Isbat Penetapan 1 Ramadhan Sore ini

Dalam ajaran Islam menyikat gigi sangat dianjurkan sebagaimana Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan, "Andaikan tidak memberatkan, aku akan mewajibkan siwak kepada umatku" (Hadis Riwayat: Bukhari dan Muslim).

Tujuan menyikat gigi dalam Islam tidak hanya untuk membersihkan area gigi dan mulut saja,menurut Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim. Nabi Muhammad pernah berkata bahwa bersiwak atau menyikat gigi juga akan mendapatkan keridhaan Allah SWT.

Lantas bagaimana dengan sikat gigi pada saat puasa, apakah membatalkan puasa atau tidak?

Baca Juga: Tata Cara Mandi Wajib Jelang Puasa Ramadhan, Lengkap dengan Bacaan Doa

Terdapat Dua Pendapat Ulama tentang Sikat Gigi Saat Puasa

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x