Hampir 100 Ribu Warga Hong Kong Tandatangani Petisi, Boikot Pemeran IP Man Donnie Yen di Acara Oscar

- 12 Maret 2023, 18:10 WIB
Donnie Yen bersama sang istri saat menghadiri acara kebudayaan di Hong Kong
Donnie Yen bersama sang istri saat menghadiri acara kebudayaan di Hong Kong / Instagram/@donnieyenofficial

MALANG TERKINI – Warga Hongkong di Taiwan melakukan protes dan mendesak Oscar untuk menarik undangan yang telah ditujukan kepada aktor Hong Kong, Donnie Yen.

Pemeran Ip Man ini sebelumnya disebut telah menerima undangan untuk memberikan penghargaan di acara Academy Awards yang akan diselenggarakan pada hari Minggu, 12 Maret 2023.

Dikutip Malang Terkini dari Taipei Times yang diunggah pada hari Jumat 10 Maret 2023, penyebab warga Hong Kong melakukan protes karena Yen disebut telah mendukung Partai Komunis China dan telah berulang kali menyatakan dukungan kuat terhadap penindasan China.

Baca Juga: Kronologi Abby Choi Wanita Model Hongkong Ditemukan Tewas dengan Kondisi Tubuh Terpotong di Tai Po

Dalam petisi, warga meminta agar Oscar menjunjung kemanusiaan dan nilai-nilai moral, serta tidak mengindahkan tindakan semena-mena di China yang dianggap telah didukung oleh sang aktor.

"Sebagai penghargaan film yang diakui secara global, Oscar harus mewakili penghormatan terhadap hak asasi manusia dan nilai-nilai moral, daripada mendukung tindakan yang melanggarnya," kata pengunjuk rasa melalui petisi tertulis yang diajukan kepada Change.org.

“Donnie Yen adalah seorang pendukung rezim Komunis dan telah beberapa kali menyatakan dukungannya terhadap kebijakan pemerintah Tiongkok. Dia juga telah mendukung penerapan Undang-Undang Keamanan Nasional di Hong Kong serta menuduh para pengunjuk rasa di Hong Kong sebagai perusuh,” tambah mereka.

“Perbuatannya tidak hanya melanggar semangat kebebasan mengemukakan pendapat, tetapi juga telah menindas hak rakyat Hong Kong dalam memperjuangkan kebebasan serta demokrasi,” lanjutnya.

Baca Juga: Profil dan Biodata Koesni Harningsih, lstri Purnawirawan Jenderal TNI Moeldoko yang Meninggal Hari Ini

Halaman:

Editor: Iksan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah