Meski di Bawah Bayang-Bayang Krisis Ukraina, Presiden Vladimir Putin Tetap Menyambut Xi Jinping ke Moskow

- 20 Maret 2023, 14:54 WIB
Ilustrasi. Hubungan Rusia dan Tiongkok
Ilustrasi. Hubungan Rusia dan Tiongkok ///Dreamstime/Tomasragina

MALANG TERKINI - Presiden Rusia Vladimir Putin menyambut kedatangan Presiden Tiongkok Xi Jinping dan berharap tetap menunjukkan solidaritas penuh melawan hegemoni barat ketika ia sampai di Moskow pada Senin, 20 Maret 2023 waktu setempat.

Dilansir Malang Terkini dari Reuters, untuk saat ini Xi tetap tampil sebagai niat menengahi perdamaian dunia supaya diakhirinya krisis Ukraina.

Xi menjadi pemimpin negara pertama yang bersalaman dengan Putin pasca Pengadilan Kejahatan Internasional (ICC) menyurati Presiden Rusia itu perihal perintah penangkapan pada Jumat lalu atas dugaan pemindahan anak-anak Ukraina ke Rusia sejak awal perang, namun Kremlin menyangkalnya.

Baca Juga: Tentara Bayaran Wagner Berencana Buka 'Lowongan' untuk 30 Ribu Tenaga Baru

Perjalanan pertama Xi di Rusia

Ini merupakan perjalanan pertama Xi Jinping di Rusia pasca pengukuhannya menjabat pada periode ketiga Presiden Tiongkok.

Ini menandai bukti bahwa ia memiliki kawan yang kuat dan bersiap mendukungnya melawan Barat yang mencoba untuk mengisolasi dan mencuranginya di kancah internasional.

Menurutnya, kunjungan kenegaraannya menjadi ketegangan diplomatik pasca Tiongkok merilis dokumen 12 poin penyelesaian Ukraina, tetapi di waktu yang sama demi memperkuat relasi dengan sekutunya.

Sejak awal kedatangan Xi, ia menyatakan bahwa dokumen tersebut berfungsi sebagai faktor pembangun dalam menetralkan konsekuensi krisis.

Baca Juga: Penemuan Koin Langka Dinasti Umayyah, Bukti Sejarah Pelopor Kemajuan Peradaban Islam

Halaman:

Editor: Niken Astuti Olivia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah