Volodymyr Zelensky Undang PM Jepang Fumio Kishida ke Kyiv, Bahas Rekonstruksi Pasca Perang

- 21 Maret 2023, 20:42 WIB
Ilustrasi. Perang Rusia-Ukraina
Ilustrasi. Perang Rusia-Ukraina ///Pixabay/Alexandra_Koch

MALANG TERKINI - Pada Selasa, 21 Maret waktu setempat, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengundang Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Kishida tiba dengan selamat di Kyiv, Ukraina.

Kunjungannya tersebut dilakukan sangat rahasia, sehari sesudah lawatannya ke India dan ia adalah pemimpin G7 yang belum menginjakkan kaki di Ukraina setelah agresi militer Rusia.

Masuk melewati Polandia

Kishida masuk melalui jalur darat Polandia dengan kereta api. Sebelumnya ia tidak mengemukakan niatnya untuk datang ke Kyiv karena alasan keamanan. Tapi akhirnya niat tersebut dikonfirmasi menyusul laporan awak media.

Baca Juga: UBS Akuisisi Credit Suisse: 50.000 Karyawan Tetap Khawatir Akan Masa Depan Tak Pasti

Dilansir Malang Terkini dari Kyodo News, kedatangannya tersebut membahas support Jepang untuk rekonstruksi Ukraina yang habis luluh lantak digempur tentara pihak Kremlin.

Kedua pemimpin agaknya sepakat untuk bekerja sama dalam menjaga tatanan internasional berdasarkan aturan hukum sambil berbagi pandangan bahwa mereka menolak upaya Moskow untuk mengubah status quo secara sepihak.

Masalah krisis Ukraina akan menjadi agenda utama di KTT G7 di Hiroshima pada Mei mendatang, sebab Tiongkok yang merupakan sekutu Rusia sudah menyerukan dialog untuk pemecahan masalah tersebut.

Kena kritikan dari jubir Kemenlu Tiongkok

Kishida terkena kritikan dari juru bicara (Jubir) Kemenlu Tiongkok Wang Wenbin. Wang mengatakan bahwa masyarakat internasional harus mempercepat pembicaraan damai dan berbuat banyak untuk meredakan situasi.

Baca Juga: Tentara Bayaran Wagner Berencana Buka 'Lowongan' untuk 30 Ribu Tenaga Baru

Halaman:

Editor: Niken Astuti Olivia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah