Malaysia Sebut ‘Indomie Rasa Ayam Spesial’ dan ‘Penang Ah Lai White Curry Noodles’ Aman Dikonsumsi

- 10 Mei 2023, 18:35 WIB
Produk mi "Ah Lai White Curry Noodles" dan "Indomie Rasa Ayam Spesial", sebelumnya ditarik dari peredaran di Malaysia, menyusul adanya laporan etilen oksida yang terdeteksi oleh Departemen Taipei, dinilai aman dikonsumsi oleh Kementerian Kesehatan Malaysia
Produk mi "Ah Lai White Curry Noodles" dan "Indomie Rasa Ayam Spesial", sebelumnya ditarik dari peredaran di Malaysia, menyusul adanya laporan etilen oksida yang terdeteksi oleh Departemen Taipei, dinilai aman dikonsumsi oleh Kementerian Kesehatan Malaysia / // Freepik/ KamranAydinov

MALANG TERKINI – Kementerian Kesehatan Malaysia pada Selasa 9 Mei 2023 menyatakan bahwa dua jenis mi instan yang sebelumnya telah ditarik kembali ke Indonesia dan Malaysia, jenis karsinogen dalam produk tersebut dinilai aman untuk dikonsumsi.

Diketahui bahwa pada April lalu, kedua produk mi instan tersebut oleh otoritas kesehatan di Taiwan, disebut mengandung bahan berbahaya, sehingga dilarang beredar di negaranya.

Dalam sebuah pernyataan, direktur jenderal kesehatan Malaysia, Muhammad Radzi Abu Hassan mengatakan bahwa kedua produk, yakni "Penang Ah Lai White Curry Noodles" dan "Indomie Rasa Ayam Spesial" telah mematuhi peraturan Malaysia.

Baca Juga: Studi: 4 Hari Kerja dalam Seminggu, Tingkatkan Kesejahteraan dan Ekonomi

Radzi menyampaikan bahwa berdasarkan analisis laboratorium yang telah diujikan terhadap beberapa sampel, Kementerian Kesehatan Malaysia memastikan kedua produk tersebut memenuhi peraturan perundang-undangan yang ditentukan, sehingga layak dan aman untuk dikonsumsi.

Kementerian Kesehatan Malaysia akan menerapkan enam tingkat pemeriksaan, terhadap produk makanan impor di pintu masuk negara tersebut, dan mengelompokkannya berdasarkan risiko. Produk yang tidak sesuai dengan regulasi yang ditetapkan, akan ditarik dari peredaran.

Radzi pun menjelaskan bahwa untuk setiap produk pangan yang masuk ke dalam negeri, pasti akan masuk tahap pemeriksaan Level 5 yaitu Hold, Test and Release (TUL). Produk pangan tersebut akan ditahan dan dianalisis terlebih dahulu. Sehingga, hanya produk makanan atau pangan yang memenuhi standar yang dilepas ke pasar Malaysia.

Direktur jenderal kesehatan Malaysia mencatat bahwa sejak tahun 2022 hingga April 2023, sebanyak 37 dari 317 sampel yang dianalisis dengan TUL, dan diuji parameter etilen oksidanya, adalah produk mi instan dari berbagai merek.

Baca Juga: Profil Dr. Sulianti Saroso Jadi Google Doodle Hari Ini, Berikut Kisahnya

Halaman:

Editor: Niken Astuti Olivia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah