India Bangun Banyak Rumah Sakit Saat Populasi Melonjak, Namun Jumlah Dokter Minim

- 10 Mei 2023, 19:19 WIB
Ilustrasi. Dokter di India sangat minim, berbanding terbalik dengan jumlah peningkatan populasi dan maraknya pembangunan rumah sakit
Ilustrasi. Dokter di India sangat minim, berbanding terbalik dengan jumlah peningkatan populasi dan maraknya pembangunan rumah sakit / // Freepik/ rawpixel.com

MALANG TERKINI – Perdana Menteri India Narendra Modi telah membangun lebih dari selusin lembaga medis untuk perawatan khusus sejak ia menjabat pada tahun 2014. Pemerintah memiliki rencana untuk membangun setidaknya satu rumah sakit besar di setiap 761 distrik di India.

Namun masalahnya adalah kekurangan tenaga dokter yang mencapai tingkat krusial karena India menjadi negara terpadat di dunia.

Mithilesh Chaudhary (21) dengan kondisi batuk yang parah, terlihat lemah saat berjuang untuk berdiri setelah bermalam di luar All India Institute of Medical Sciences (AIIMS) yang dikelola negara di New Delhi.

Baca Juga: Elon Musk Ungkap Fitur Baru Twitter untuk Panggilan dan Pesan Enkripsi

"Kami telah tidur di jalan setapak selama dua malam," kata kakeknya Bhim Lal, saat keduanya menunggu dalam antrian sekitar 100 orang di luar gerbang utama rumah sakit, untuk membuat janji.

Chaudhary, yang tinggal 1.200 km jauhnya di negara bagian Bihar, tidak memiliki janji temu dan belum mengetahui nama dokter yang akan mengobatinya. Satu-satunya jalan baginya adalah berdiri dalam antrian sampai dia mendapatkan salah satu dari sedikit slot yang dibuka setiap pagi, bagi mereka yang menunggu di luar.

Penderitaannya dan orang lain yang mengantri setiap hari mulai subuh, menyoroti kekurangan dokter spesialis dan petugas kesehatan di pedesaan India, tempat lebih dari dua pertiga dari 1,43 miliar penduduknya tinggal.

Rasio dokter 1,2 : 1000 pasien

Dilansir Malang Terkini dari Channel News Asia, rasio dokter-ke-pasien India mencapai rekor tertinggi 1,2 dokter per 1.000 pasien pada tahun 1991.

Baca Juga: Studi: 4 Hari Kerja dalam Seminggu, Tingkatkan Kesejahteraan dan Ekonomi

Halaman:

Editor: Niken Astuti Olivia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah