Cara Membeli Pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 19 di Tokopedia dan Mau Belajar Apa Sebelum Saldo Hangus

- 14 September 2021, 15:34 WIB
Batas akhir pembelian Kartu Prakerja gelombang 19, segera beli di Mau Belajar Apa dan Tokopedia
Batas akhir pembelian Kartu Prakerja gelombang 19, segera beli di Mau Belajar Apa dan Tokopedia /Instagram @prakerja.go.id

MALANG TERKINI - Penerima Kartu Prakerja gelombang 19 bisa segera membelanjakan saldo senilai Rp1 juta untuk membeli pelatihan di mitra Kartu Prakerja. Ada beberapa mitra Kartu Prakerja yang memfasilitasi jual beli pelatihan tersebut, beberapa contohnya adalah Tokopedia dan Mau Belajar Apa.

Selain dapat dibeli di Mau Belajar Apa dan Tokopedia, pelatihan Kartu Prakerja gelombang 19 juga bisa diberi melalui Kemnaker, Bukalapak, Pijar Mahir, Karir.mu, dan Pintaria.

Untuk membayar pelatihan, penerima Kartu Prakerja gelombang 19 bisa memanfaatkan dana bantuan yang diberikan oleh pemerintah, yakni berupa saldo sebesar Rp1 juta. Saldo tersebut hanya bisa digunakan untuk membeli pelatihan dan tidak bisa dicairkan dalam bentuk uang.

Baca Juga: Lakukan Hal Ini Jika Sertifikat Kartu Prakerja Anda Bermasalah

Namun saldo tersebut akan hangus apabila penerima Kartu Prakerja gelombang 19 tidak membelanjakannya pada jangka waktu yang ditentukan.

Apabila saldo hangus karena tidak dibelanjakan, pihak Kartu Prakerja akan mencabut status kepesertaan, hal itu berarti insentif biaya mencari kerja sebesar Rp2,4 juta dan insentif pengisian survei sebesar Rp150.000 juga batal diberikan. 

Dikutip dari akun Instagram resmi Kartu Prakerja (@prakerja.go.id) pada 8 September 2021, batas akhir pembelian pelatihan Kartu Prakerja gelombang 19 akan jatuh pada 30 September 2021 pukul 23.59 WIB. Penentuan batas akhir tersebut telah sesuai dengan Permenko Perekonomian No.11 Tahun 2021.

1. Cara Membeli Pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 19 di Tokopedia

Untuk membeli pelatihan Kartu Prakerja gelombang 19 di platform Mau Belajar Apa, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi website Mau Belajar Apa melalui maubelajarapa.com.

Halaman:

Editor: Ianatul Ainiyah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X