Harga Cabai di Jember Menanjak Pedas Jelang Puasa

- 14 Maret 2023, 13:15 WIB
Ilustrasi. Harga cabai di Jember menanjak pedas jelang puasa
Ilustrasi. Harga cabai di Jember menanjak pedas jelang puasa ///Pexels/Mark Stebnicki

MALANG TERKINI - Dari awal Maret 2023, harga cabai di pasar tradisional Jember sudah meroket.

Pasalnya, stok dari petani berkurang dan imbas dari cuaca ekstrim yang menyebabkan cabai banyak yang rusak, sehingga harga cabai menanjak pedas pada angka Rp80 ribu per kilogram.

Pantauan harga komoditas cabai

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jember Bambang Saputro pada Selasa 14 Maret 2023 memaparkan bahwa, untuk pasar di Jember Kota terpantau harga cabai rawit sekira antara Rp75.000 hingga Rp80.000 tiap kilogram, sementara untuk cabai merah besar antara Rp30.000 hingga Rp35.000 per kg.

Baca Juga: Cara Menanam Cabai Rawit Agar Berbuah Lebat dan Tahan Hama

"Harga cabai merah besar dan cabai keriting juga mengalami kenaikan selama beberapa hari terakhir, tapi tidak terlalu meroket seperti cabai rawit merah," jelasnya, ditukil dari Antaranews.

Seperti dilansir dari Antara Jatim, pada permulaan Maret, harga cabai rawit masih pada sekira Rp50 ribu hingga Rp60 ribu per kilogram, kemudian merambat naik setiap pekan hingga pertengahan Maret menjadi Rp80 ribu per kilogram.

Untuk cabai besar merah dan keriting, juga alami kenaikan tetapi tidak seperti harga cabai rawit.

Ia berharap, harga cabai dapat ditekan karena sudah mulai masuk bulan Ramadhan pada Rabu depan serta secepatnya memperoleh suplai cabai dari luar daerah agar harga kembali stabil.

Baca Juga: Fakta dan Manfaat Cabai, Bikin Badan Jadi Langsing

Halaman:

Editor: Niken Astuti Olivia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah