Resah Karena Arus Impor Tekstil Bekas, Presiden Jokowi Minta Disetop

- 16 Maret 2023, 07:25 WIB
Ilustrasi. Resah Karena Arus Impor Tekstil Bekas, Presiden Jokowi Minta Disetop
Ilustrasi. Resah Karena Arus Impor Tekstil Bekas, Presiden Jokowi Minta Disetop /Pexels/cottonbro studio

MALANG TERKINI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu, 15 Maret 2023 merespon atas kebijakan setop masuknya pakaian bekas dari luar negeri.

Pasalnya, beliau merasa resah dengan arus import tersebut yang berdampak pada sektor UMKM dan itu sangat mengganggu iklim produksi dalam negeri.

seperti dilansir Malang Terkini dari Antara news, beliau menyampaikan setelah membuka 'Business Matching' produk dalam negeri 2023 di Jakarta.

Baca Juga: Takumi Kitamura Pemeran Takemichi dalam Tokyo Revengers Live Action Ternyata Hobi Pergi Ke Toko Baju Bekas  

"Sudah saya perintahkan untuk mencari betul dan sehari-dua hari sudah banyak yang ketemu. Itu mengganggu industri tekstil di dalam negeri," ujarnya.

Pakaian bekas sangat tidak diizinkan untuk masuk ke Indonesia, hal tersebut termuat dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 18 Tahun 2021 yang sudah diganti ke Peraturan Nomor 40 Tahun 2022 Tentang Barang Dilarang Ekspor dan Impor.

Mendag Zulhas akan hancurkan pakaian bekas senilai Rp10 Miliar

Di Mojokerto, pakaian bekas senilai Rp10 Miliar bakal dihancurkan oleh Menteri perdagangan, Zulkifli Hasan (Zulhas) yang nantinya digelar pada 21 Maret.

Sebelum itu, Mendag terlebih dahulu akan bertolak ke Pekanbaru, Riau pada 17 Maret untuk membakar pakaian bekas berjumlah 900 bal dengan perkiraan nilai lebih dari Rp10 miliar.

Baca Juga: Batas Akhir Lapor Pajak SPT Tahunan 31 Maret 2023, Berapa Denda Keterlambatan Jika Lalai?

Halaman:

Editor: Iksan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah