Percepatan Desa Digital, Pemkab Serang Terbitkan Peraturan Bupati (Perbup)

- 30 September 2023, 23:35 WIB
Kepala Diskominfosatik Kabupaten Serang Haerofiatna saat acara Pembinaan dan Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Gedung D Universitas Primagraha (UPG) Cinanggung Kota Serang, Kamis (13/7/2023) ANTARA/HO-Diskominfosatik
Kepala Diskominfosatik Kabupaten Serang Haerofiatna saat acara Pembinaan dan Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Gedung D Universitas Primagraha (UPG) Cinanggung Kota Serang, Kamis (13/7/2023) ANTARA/HO-Diskominfosatik /

MALANG TERKINI - Daerah-daerah di Indonesia kini diketahui memiliki beragam program yang digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Termasuk di era digital seperti ini, pemerintah juga melakukan beberapa program sepeti percepatan desa digital. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan resiko negatif yang timbul pada era figital saat ini. Salah satu yang melakukan hal ini adalah Kabupaten Serang.

Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang mendorong percepatan desa digital untuk menghindari risiko negatif yang mungkin terjadi pada era digital.

Kepala Diskominfosatik Kabupaten Serang Haerofiatna, di Serang, Banten, Sabtu, mengatakan, sebagai bentuk dukungan Pemkab Serang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) akan membuat kebijakan dengan menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Serang terkait percepatan desa digital di Kabupaten Serang.

"Nanti kita koordinasikan lagi dengan Kepala DPKD Kabupaten Serang, terkait dengan kebijakan untuk mendukung percepatan desa digital," katanya.

Menurut Haero, pentingnya literasi digital untuk menghindari risiko negatif yang mungkin terjadi pada era digital. Pada satu sisi teknologi bisa meningkatkan efektivitas pekerjaan, tetapi di isisi lain ada risiko negatif terutama jika tidak diimbangi dengan kecermatan.

"Cara untuk menyeimbangkan antara kecepatan dan kecermatan dengan meningkatkan literasi digital, khususnya untuk anak pendidikan usia dini, sekolah dasar, dan sekolah menengah," katanya.

Haero juga mendukung kampung literasi digital yang digagas oleh Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten. Dukungan ini sebagai bentuk komitmen Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dalam mendukung literasi digital di Kabupaten Serang.

"Pemda Serang dalam hal ini Diskominfosatik kita dukung walaupun jaringan internet harus ditambah, kemudian kalau buku kita siapkan bukunya. Ini salah satu konsistensi Pemda Serang dalam mendukung literasi digital, apalagi ada kampung literasi ini luar biasa," katanya.

Halaman:

Editor: Ianatul Ainiyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah