Apakah Saldo Kartu Prakerja Bisa Dicairkan? Kapan Gelombang 12 Dibuka? Ini Jawabannya

- 22 November 2020, 07:32 WIB
Tangkap Layar laman prakerja.go.id /prakerja.go.id

MALANG TERKINI – Banyak calon perserta penerima yang bertanya, apakah saldo Kartu Prakerja bisa dicairkan? Kapan Gelombang 12 dibuka?

Kartu Prakerja adalah salah satu upaya pemerintah membnatu perekonomian masyarakat sekaligus program yang diharapkan mampu menaikkan kompetensi kerja serta mendongkrak daya saing para pesertanya.

Program ini menyasar para pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Bisa Dilakukan Secara Offline, Begini Caranya

Baca Juga: Program Kartu Prakerja Berlanjut Tahun 2021 Tapi dengan Skema Berbeda, Ini Bocorannya

Program Kartu Prakerja untuk sementara waktu akan diprioritaskan bagi pekerja/buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya karena pandemi Covid-19.

Sampai saat ini pemerintah telah membuka pendaftaran Kartu Prakerja hingga gelombang 11. Pemerintah belum secara resmi menyebutkan kapan Gelombang 12, namun sudah ada signal bahwa Gelombang selanjutnya atau Gelombang 12 akan dibukan di tahun 2021.

Maka bagi warga yang berminat untuk mendaftar, sebaiknya mempersiapkan diri untuk melakukan pendaftaran dengan mengetahui tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk bisa mendapatkan bantuan tersebut.

Bantuan ini disebut juga semi-bansos (bantuan sosial), sebab penerima tidak sekedar menirima transfer uang, melainkan juga mendapatkan saldo uang yang bisa dipakai untuk mengikuti pelatihan-pelatihan digital yang telah disediakan oleh platform yang sudah bekerjasama dengan pemerintah.

Halaman:

Editor: Lazuardi Ansori

Sumber: prakerja.go.id


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X