Ibnu Haitsam Ilmuwan Muslim Temukan Cara Membuat Kamera

- 26 September 2021, 18:42 WIB
Ilustrasi: Ibnu Haitsam ilmuwan muslim yang menemukan cara membuat kamera
Ilustrasi: Ibnu Haitsam ilmuwan muslim yang menemukan cara membuat kamera /Pixabay/Pexels/

MALANG TERKINI - Dari sekian banyak ilmuwan muslim, ada Ibnu Haitsam dengan nama lengkap Abu Al-Hasan bin Al-Hasan bin Al-Haitsam. Di Barat ia dikenal dengan nama Alhazen.

Ibnu Haitsam dilahirkan pada tahun 354 H atau 965 M di Basrah, Iraq. Kemudian wafat di tahun 430 H atau 1039 M di Kairo.

Pertama kali Ibnu Haitsam menimba ilmu di Basrah, lalu dilanjutkan ke Baghdad. Di sanalah ia mendalami ilmu keagamaan, di samping mendalami matematika, astronomi, dan filsafat.

Baca Juga: 7 Temuan Al-Battani di Bidang Astronomi, Ilmuwan di Balik 360 Hari dalam Setahun

Baru di usianya yang ke tiga puluh tahun, Ibnu Haitsam pergi memenuhi undangan Khalifah Dinasti Fatimiyyah yang bernama Hakim Biamrillah. Di sana ia melanjutkan penelitiannya dan menorehkan pemikirannya dalam tulisan.

Konon ia tinggal di Kairo dengan cara hidup sederhana dan penuh ketawadhuan. Tempat tinggalnya hanya sebuah kamar di dekat pintu gerbang masjid Al-Azhar.

Untuk menyambung hidupnya itu, ia menggandakan buku Euclides, Ptolemeus, dan lainnya. Kemudian dijualnya di depan masjid Al-Azhar.

Secara khusus Ibnu Haitsam menonjol pada ilmu matematika, pengetahuan alam, dan ilmu falak. Di mana Ia hidup sezaman dengan tiga ilmuwan besar yakni Al-Karkhi, Al-Biruni, dan Ibnu SIna.

Berbagai temuan Ibnu Haitsam dalam ilmu optik, astronomi, dan matematika. Bahkan banyak buku yang telah ditulisnya. Namun dikutip dari buku 147 Ilmuwan Terkemuka dalam Sejarah Islam, namanya terkubur dan tidak mendapatkan kedudukan secara semestinya.

Editor: Lazuardi Ansori