NASA: Planet Seukuran Bumi yang Diselimuti oleh Gunung Berapi Telah Ditemukan

- 18 Mei 2023, 16:36 WIB
LP 791-18 d planet seukuran Bumi dan diselimuti oleh vulkanik gunung berapi
LP 791-18 d planet seukuran Bumi dan diselimuti oleh vulkanik gunung berapi / // Twitter/ NASA

MALANG TERKINI – Para astronom telah menemukan planet ekstrasurya seukuran Bumi, atau dunia di luar tata surya kita, yang tampak dilapisi dengan gunung berapi di sekitarnya.

NASA memberi nama planet ini LP 791-18 d, dan dikatakan bahwa planet ini bisa mengalami ledakan vulkanik sesering bulan Jupiter Io, benda vulkanik paling aktif di tata surya kita.

Ilmuwan menemukan dan mempelajari planet ini menggunakan data dari TESS NASA (Transiting Exoplanet Survey Satellite) dan Teleskop Luar Angkasa Spitzer, serta serangkaian observatorium yang berbasis di darat.

Baca Juga: 10 Ciri Orang Tidak Tahu Arti Bersyukur, Salah Satunya Miliki Mentalitas ‘Korban’

Dilansir Malang Terkini dari News18 yang diunggah pada Kamis, 18 Mei 2023, sebuah makalah tentang planet ini mengatakan bahwa penelitian mengenai LP 791-18 d dipimpin oleh Merrin Peterson, lulusan Trottier Institute for Research on Exoplanets (iREx) yang berbasis di University of Montreal.

“LP 791-18 d terkunci secara pasang surut, yang berarti sisi yang sama terus-menerus menghadap bintangnya,” kata Björn Benneke, rekan penulis dan profesor astronomi di iREx yang merencanakan dan mengawasi penelitian tersebut.

“Siang hari mungkin terlalu panas. Tetapi jumlah aktivitas vulkanik yang kami duga terjadi di seluruh planet dapat mempertahankan atmosfer, yang memungkinkan air mengembun di malam hari,” tambahnya.

Astronom sebelumnya sudah menemukan dua planet lain sebelum LP 791-18 d

LP 791-18 d mengorbit bintang katai merah kecil, yang berjarak sekitar 90 tahun cahaya di konstelasi kawah selatan. Tim memperkirakan planet itu sedikit lebih besar dan lebih masif dari Bumi.