Objek Wisata Kudus Mulai Diminati Wisatawan Asing, Disbudpar: Harus Tertata dengan Baik dan Promosi Masif

- 30 September 2023, 21:25 WIB
Sejumlah wisatawan asing tampak mendampingi anaknya bermain di fasiltas permainan yang tersedia di bjek Wisata Pijar Park, di Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif
Sejumlah wisatawan asing tampak mendampingi anaknya bermain di fasiltas permainan yang tersedia di bjek Wisata Pijar Park, di Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif /

MALANG TERKINI - Setiap daerah di Indonesia tentunya memiliki objek wisata yang diminati baik wisatawan domestik maupun asing.

Menariknya tidak hanya Bali, ada beberapa daerah lain yang kini objek wisata sudah mulai diminati oleh wisatawan asing. Salah satunya adalah objek wisata di Kudus, Jawa Tengah.

Wisatawan asing mulai tertarik mengunjungi objek wisata di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, salah satunya wisata alam Pijar Park di Desa Kajar, Kecamatan Dawe serta beberapa objek wisata lainnya.

"Saat ini sudah banyak objek wisata di Kudus yang mulai diminati wisatawan asing. Selain Objek Wisata Pijar Park, ada pula Museum Jenang, Menara Kudus, Makam Sunan Muria, dan Museum Patiayam juga sering dikunjungi wisatawan asing," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Mutrikah, di Kudus, Sabtu.

Hal terpenting, kata dia lagi, sebelum meningkatkan promosi secara masif, objek wisatanya dipastikan sudah tertata dengan baik.

Kalau pun masih ada sarana dan prasarana yang belum lengkap, menurut dia, harus dilengkapi terlebih dahulu, sebelum nantinya dipromosikan keluar.

"Termasuk sumber daya manusia (SDM) juga harus dipersiapkan. Jika menargetkan wisatawan asing tentunya harus menyiapkan pemandu wisata yang menguasai bahasa asing, minimal bahasa Inggris," ujarnya.

Selain itu, kata dia, sarana dan prasarananya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan wisatawan internasional, sehingga ketika mereka berkunjung tidak kecewa.

Direktur Pijar Park Kudus Yusuf membenarkan objek Wisata Pijar Park Kudus memang sudah dua kali dikunjungi wisatawan mancanegara, di antaranya dari Korea dan terbaru dari Belanda.

Halaman:

Editor: Ianatul Ainiyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah