Hari Teh Internasional: Ini 10 Negara Penghasil Teh Terbesar di Dunia Termasuk Indonesia

- 22 Mei 2023, 07:07 WIB
10 negara penghasil teh terbesar di dunia
10 negara penghasil teh terbesar di dunia /Freepik/ 4045

MALANG TERKINI – Majelis umum PBB telah menetapkan bahwa setiap tahun di tanggal 21 Mei terdapat peringatan Hari Teh Internasional.

Selain untuk menjaga sumber daya alam, perayaan Hari Teh Internasional diadakan dengan tujuan untuk mendorong produksi teh, menciptakan mata pencaharian melalui bidang perdagangan, dan sebagai kampanye konsumsi teh yang berkelanjutan.

Adanya peringatan Hari Teh Internasional, merupakan wadah bagi para pemimpin, mulai dari tingkat nasional hingga global, untuk meningkatkan kontribusi industri teh, sebagai bagian dari upaya pengentasan kemiskinan ekstrem di dunia.

Baca Juga: 17 Mei Ada Peringatan Apa? Simak Sejarah, Makna dan Tema ‘Hari Hipertensi Sedunia’ 2023

Cerita rakyat China tentang penemuan teh

Sejak pertama kali ditemukan di China pada tahun 2737 SM, teh telah menjadi salah satu minuman yang paling populer di seluruh dunia. Saat ini teh dibudidayakan di seluruh dunia, terutama di Asia dan Afrika. Teh telah diproduksi secara komersial oleh lebih dari 60 negara.

Menurut cerita rakyat yang beredar di China, teh ditemukan pertama kali oleh Kaisar Cina Shen Nung. Ia adalah orang pertama yang mencicipi minuman itu, ketika dirinya bersama para tentara sibuk berlindung di bawah pohon. Beberapa daun yang tertiup angin jatuh ke dalam pot
air mendidih, yang kemudian diinfuskan ke dalam air.

Cerita ini tidak dapat dibuktikan kebenarannya, namun dapat dipastikan bahwa asal muasal teh dari China dengan cepat menjadi pokok dalam budaya Asia, sebagai minuman, obat penyembuhan, dan bagian simbolis dari ritual keagamaan.

Baca Juga: Hari Buku Nasional 17 Mei: Intip Sejarah dan Tokoh Penggagas di Balik Peringatan Harbuknas 2023

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah