Biodata Moh Hatta, Wakil Presiden Pertama dan Proklamator Kemerdekaan Indonesia

- 4 Agustus 2022, 20:24 WIB
Mohammad Hatta Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia
Mohammad Hatta Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia /Dok. Perpusnas

MALANG TERKINI - Dr. (H.C.) Drs. H. Mohammad Hatta atau dikenal sebagai Bung Hatta merupakan Wakil Presiden Pertama Indonesia. Beliau lahir 12 Agustus 1902 dan meninggal 14 Maret 1980.

Peran besar Bung Hatta dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia sangat besar. Beliau bersama Bung Karno memproklamirkan proklamasi kemerdekaan di Rengasdengklok pada 17 Agustus 1945.

Bung Hatta Lahir dan besar di Bukittinggi dan Istri beliau bernama Rahmi Rachim. Pernikahannya mendapatkan tiga orang anakanak perempuan, yaitu Meutia Hatta, Gemala Hatta dan Halida Hatta.

Baca Juga: Biografi Ir Soekarno Presiden Pertama RI, Perjalanan Membawa Indonesia ke Era Kemerdekaan

Bung Hatta diberikan gelar Pahlawan Proklamator pada 23 Oktober 1986 bersama dengan Bung Karno. Kemudian pada 7 November 2012 Bung Hatta secara resmi ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden SBY.

Bung Hatta juga mendapat gelar sebagai Bapak Koperasi atas pemikiran dan sumbangsihnya terhadap perkembangan koperasi Indonesia.

Sumbangsih dan pemikirannya terhadap ekonomi bangsa tertuang dalam bukunya yang berjudul 'Kebangsaan dan Kerakyatan' yang diterbitkan oleh PT Pustaka LP3ES,Jakarata Tahun 1998.

Baca Juga: Mengenal Biografi Sosok Presiden Ir. Soekarno Sang Proklamator Kemerdekaan Indonesia

Profil Mohammad Hatta

Halaman:

Editor: Lazuardi Ansori


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x