9 Tips Aman Berpuasa Ramadhan Bagi Penderita Diabetes, Begini Kata Ahli

- 23 Maret 2023, 20:03 WIB
Ilustrasi memilih makanan sehat atau junk food
Ilustrasi memilih makanan sehat atau junk food /Freepik/wayhomestudio

MALANG TERKINI – Berikut ini terdapat beberapa tips bagi penderita diabetes agar aman selama berpuasa di bulan Ramadhan menurut ahli kesehatan.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinantikan kedatangannya oleh setiap umat muslim. Menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh selama bulan Ramadhan merupakan kewajiban salah satu rukun Islam bagi orang muslim yang mampu dan sehat.

Namun untuk penderita diabetes, akan ada tantangan tersendiri dalam melakukan kegiatan berpuasa, bagaimana harus menghindari resiko kekurangan cairan, tingkat kadar gula yang tinggi, hingga resiko turunnya kadar gula dalam darah secara tiba-tiba.

Baca Juga: 7 Tips Puasa Sehat ala Nabi Muhammad SAW di Bulan Ramadhan 2023, Diakui Ahli Kesehatan

Puasa Ramadhan yang dilaksanakan kurang lebih 12 jam, sebetulnya tidak terlalu mengganggu kesehatan bagi orang yang sehat maupun orang dengan diabetes yang kadar glukosanya terkontrol.

Hal yang perlu diingat adalah selama melaksanakan puasa, para penyandang diabetes harus memperhatikan asupan kalori dan lemak yang dikonsumsi.

Dilansir Malang Terkini dari Kementerian Kesehatan, berikut adalah 9 tips yang akan sangat berguna bagi para penyandang diabetes dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

1. Penderita diabetes dengan tipe I, diperbolehkan untuk berpuasa. Namun untuk penderita diabetes tipe 2, harus lebih memperhatikan pola perencanaan makan, aktivitas, serta pengobatan sebelum mengikuti puasa di bulan Ramadhan.

Baca Juga: 8 Fakta dan Tradisi Unik Bulan Ramadhan di Arab Saudi, Ada Perayaan seperti Halloween

Halaman:

Editor: Iksan

Sumber: yankes.kemkes.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah