Pemerintah Kabupaten Malang Manfaatkan Perumda Jasa Yasa Kelola Destinasi Wisata

- 7 Agustus 2023, 17:05 WIB
Pemerintah Kabupaten Malang Manfaatkan Perumda Jasa Yasa Kelola Destinasi Wisata
Pemerintah Kabupaten Malang Manfaatkan Perumda Jasa Yasa Kelola Destinasi Wisata /ANTARA

MALANG TERKINI - Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, memanfaatkan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Jasa Yasa untuk mengelola sejumlah destinasi wisata di wilayah tersebut.

Berdasarkan laporan keuangan 2022, Perumda Jasa Yasa berhasil memberikan kontribusi sebesar 55 persen dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) atau sekitar Rp330 juta.

Bupati Malang, M Sanusi, mengungkapkan bahwa langkah ini diambil untuk memberikan dampak positif terhadap ekonomi daerah. Ia berharap Direktur Utama dan Direktur Usaha yang baru dilantik dapat mengambil langkah strategis dalam mengelola Perumda Jasa Yasa.

Dalam acara pelantikan, R Djoni Sudjatmiko diangkat menjadi Direktur Utama Perumda Jasa Yasa, sementara Lazuardi Firdaus menjadi Direktur Usaha Perumda Jasa Yasa. Keduanya telah menjalani uji kelayakan dan kepatuhan dalam proses seleksi calon direksi.

Perumda Jasa Yasa mengelola berbagai destinasi wisata di Kabupaten Malang, termasuk Pantai Ngliyep, Pantai Balekambang, Pemandian Metro, Pemandian Sumber Waras, dan Pasar Wisata Dewi Sri.

Bupati Sanusi menekankan bahwa Perumda Jasa Yasa diharapkan mampu memaksimalkan potensi yang dimilikinya dan memanfaatkan aset-aset yang ada untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Tujuannya adalah agar Perumda Jasa Yasa menjadi BUMD yang produktif dan berdampak positif pada Pendapatan Asli Daerah dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Malang.

Di sisi lain, Bupati Sanusi juga menegaskan bahwa Direktur Utama dan Direktur Yang Membawahi Fungsi Kepatuhan PT BPR Artha Kanjuruhan telah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang.

Dia berharap agar PT BPR Artha Kanjuruhan dapat terus melakukan koordinasi dan konsultasi dengan OJK untuk mengambil langkah-langkah kebijakan yang mendukung kesehatan perusahaan.

Halaman:

Editor: Ianatul Ainiyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah