Lokomotif Kereta Buatan Jerman Jadi Monumen Kebanggan Kabupaten Jember

- 30 September 2023, 22:35 WIB
Bupati Jember Hendy Siswanto (lima dari kiri) bersama Vice President KAI Daop 9 Jember Mulyani (empat dari kiri) berfoto bersama usai meresmikan Monumen Lokomotif di Jember, Sabtu (30/9/2023). (ANTARA/Zumrotun Solichah)
Bupati Jember Hendy Siswanto (lima dari kiri) bersama Vice President KAI Daop 9 Jember Mulyani (empat dari kiri) berfoto bersama usai meresmikan Monumen Lokomotif di Jember, Sabtu (30/9/2023). (ANTARA/Zumrotun Solichah) /

MALANG TERKINI - Kabupaten Jember diketahui memiliki area perkantoran PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9.

Menariknya kantor PT KAI ini kini memiliki satu ikon baru yaitu sebuah lokomotif kerta yang dibuat oleh Jerman.

Kabupaten Jember, Jawa Timur memiliki Monumen Lokomotif seri D301 13 dan lokomotif itu buatan Jerman yang diletakkan di sekitar area perkantoran PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember di Jalan PB Sudirman.

Bupati Jember Hendy Siswanto bersama Vice President KAI Daop 9 Jember Mulyani dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) meresmikan Monumen Lokomotif pada Sabtu, sebagai tanda bahwa monumen itu bisa dikunjungi untuk masyarakat umum.

"Latar belakang pembangunan monumen itu adalah sebagai landmark atau penanda kawasan stasiun dan area perkantoran KAI. Selain itu juga untuk mengenang lokomotif seri D301 13 yang pernah beroperasi di Stasiun Jember," kata Vice President KAI Daop 9 Jember Mulyani.

Menurutnya lokomotif seri D301 didatangkan dari pabrik Fried Krupp, Jerman ke Indonesia oleh DKA (Djawatan Kereta Api) pada tahun 1961 - 1962 sebanyak 80 unit, salah satunya seri D301 13.

Selanjutnya pada periode tahun 1986 – 1991, lokomotif dengan berat 28 ton itu tercatat pernah beroperasi di Stasiun Jember sebagai lokomotif langsir.

Selain di Jember, lokomotif itu juga pernah bertugas di Stasiun Madiun dan mulai tahun 2001 lokomotif itu dipindahtugaskan di wilayah Daop 5 Purwokerto sebagai lokomotif langsir di beberapa stasiun, mulai dari Purwokerto, Kroya, Maos dan terakhir di Stasiun Cilacap sampai dinyatakan tidak siap guna dan dikeluarkan dari armada operasi pada tahun 2018.

"Pembangunan monumen lokomotif itu sebagai tempat edukasi sejarah dan juga sekaligus menandai langkah awal KAI untuk mengembangkan Stasiun Jember," tuturnya.

Halaman:

Editor: Ianatul Ainiyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah