Perluas Jangkauan Pembelajaran Bahasa Indonesia, Atikbud KBRI Tokyo: Inginkan Ada Duta Untuk Pembelajar Asing

- 30 September 2023, 21:11 WIB
 Atdikbud KBRI Tokyo Yusli Wardiatno (ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu)
Atdikbud KBRI Tokyo Yusli Wardiatno (ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu) /

MALANG TERKINI - Ketertarikan pembelajar asing untuk belajar bahasa Indonesia sepertinya semakin tinggi. Hal ini terlihat di beberapa negara, salah satunya di Jepang.

Pembelajar asing yang memiliki keinginan untuk mempelajari bahasa Indonesia di Jepang semakin meningkat. Hal ini disampaikan oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo Yusli Wardiatno menginginkan adanya Duta Bahasa Indonesia bagi pembelajar asing untuk memperluas jangkauan pemelajaran Bahasa Indonesia di luar negeri.

“Kita sekarang pelan-pelan lagi kumpulkan setelah pandemi cukup lama, supaya nanti kita bisa menjadikan mereka duta bahasa,” kata Yusli dalam Seminar Tahunan 2023 yang bertajuk “Strategi Mendukung Pengembangan Program Internasionalisasi Bahasa Indonesia” di Tokyo, Sabtu.

Dia menjelaskan duta-duta bahasa tersebut nantinya mengajak orang-orang yang belum pernah belajar Bahasa Indonesia untuk belajar Bahasa Indonesia.

“Mahasiswa-mahasiswa Jepang ini ‘kan banyak yang belajar Bahasa Indonesia. Kepingin saya sebetulnya terpikir seperti MLM (multi level marketing), setidaknya satu orang mengajarkan dua saja temannya,” kata Yusli.

Dari situ, lanjut dia, kemudian diadakan ajang yang terkait Bahasa Indonesia, seperti lomba pidato dan sebagainya agar semangat pembelajar semakin terpompa.

“Supaya semangat, kalau enggak ada targetnya ‘kan orang enggak mau. Ke depan, program-program seperti itu agar kita bisa laksanakan dengan baik,” kata Yusli.

Dia mengatakan ide tersebut tercetus sebagai upaya untuk menginternasionalisasi Bahasa Indonesia, terutama di luar negeri.

Halaman:

Editor: Ianatul Ainiyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah