Perkuat Kemampuan Operasional Bersama, Tentara Korsel dan Amerika Serikat Gelar Latihan Gabungan Antiterorisme

- 30 September 2023, 17:32 WIB
Seorang wanita berjalan melewati tentara Korea Selatan bersenjata lengkap dalam latihan anti teror bagian dari latihan militer gabungan tahunan Ulchi Freedom Shield antara Korea Selatan dan AS di stasiun kereta bawah tanah Seoul, Korea Selatan, Selasa (22/82023). ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Hong-Ji/Spt.
Seorang wanita berjalan melewati tentara Korea Selatan bersenjata lengkap dalam latihan anti teror bagian dari latihan militer gabungan tahunan Ulchi Freedom Shield antara Korea Selatan dan AS di stasiun kereta bawah tanah Seoul, Korea Selatan, Selasa (22/82023). ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Hong-Ji/Spt. /

MALANG TERKINI - Korea Selatan diketahui telah menjalin hubungan kerja sama dengan Amerika Serikat dalam beberapa bidang mulai militer, ekonomi, hingga IPTEK.

Salah satu bentuk kerja sama antara Korsel dengan Amerika Serikat yang saat ini sedang dilakukan ialah berhubungan dengan bidang militer.

Penguatan kerja sama ini dilakukan dengan melakukan latihan gabungan tentara Korsel dan Amerika Serikat. Latihan gabungan ini dimaksudkan untuk memperkuat kemapuan operasional bersama kedua negara.

"Tentara Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) menggelar latihan antiterorisme gabungan dekat perbatasan antar-Korea awal pekan ini, dalam rangka memperkuat kemampuan operasional bersama," kata Angkatan Darat Korea Selatan pada Sabtu.

Latihan yang melibatkan sekitar 80 personel polisi militer dari Divisi Infanteri ke-6 Angkatan Darat dan Komando Angkatan Darat Kedelapan Amerika Serikat itu berlangsung pada Senin di Pusat Pelatihan Rodriguez di Pocheon, sekitar 30 kilometer bagian selatan Zona Demiliterisasi yang memisahkan kedua negara Korea.

Komando Angkatan Darat Kedelapan Amerika Serikat adalah pasukan militer AS yang beroperasi dan ditempatkan di Korea Selatan.

Selama latihan, kedua belah pihak bekerja bersama melakukan pencarian dan pembersihan gedung, menyelamatkan sandera, dan mencari serta melumpuhkan teroris, kata Angkatan Darat Korea Selatan.

Latihan itu fokus meningkatkan kemampuan pasukan dalam operasi antiterorisme di lingkungan perkotaan melalui pelatihan tempur jarak dekat tingkat tim.

"Berdasarkan pengetahuan praktis yang diberikan unit polisi militer AS melalui latihan gabungan ini, kami akan memimpin upaya melindungi keselamatan masyarakat dalam situasi teror," kata seorang perwira Angkatan Darat Korsel yang mengikuti latihan itu. ***

Editor: Ianatul Ainiyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah