Ibnu Zuhr Ilmuwan Muslim  yang Digelari Bapak Ilmu Bedah Eksperimental

- 5 Oktober 2021, 13:09 WIB
Ilustrasi Ibnu Zuhr adalah ilmuwan muslim yang ahli dalam ilmu bedah. Berkat keahliannya itu ia mendapat gelar Bapak Ilmu Bedah Eksperimental. /pixabay/drkey

MALANG TERKINI - Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan sepanjang sejarah manusia. Salah satu ilmuwan muslim yang begitu getol mempelajari adalah Ibnu Zuhr.

Nama lengkap Ibnu Zuhr adalah Abu Marwan Abdul Malik Ibnu Zuhr. Seorang ahli fisika sekaligus di bidang kedokteran.

Orang barat menyebut nama Ibnu Zuhr dengan sebutan Avenzoar atau abumeron yang lahir di kota Sevilla, Spanyol di tahun 1091 M.

Baca Juga: Jarang Diketahui, 3  Penemuan Ilmuan Muslim Al-Biruni  di Bidang Fisika, Terus Digunakan Sampai Sekarang

Dia berasal dari keturunan Bani Zuhr dan ayahnya bernama Abu A'la Zuhr yang kala itu berprofesi sebagai dokter dan ahli bedah.

Dalam buku Penemuan Terhebat Ilmuwan Muslim, menyebutkan bahwa Ibnu Zuhr dibesarkan di tengah-tengah keluarga dokter. Sehingga wajar jika sejak kecil sudah mempelajari ilmu kedokteran.

Ibnu Zuhr pernah belajar di Cordoba dan berkeliling ke wilayah lainnya seperti Mesir. Hingga selesai masa studinya, dia kembali ke kampung halamannya dan mengabdikan diri pada Dinasti Al-Murabitun sebagai dokter utama.