Alami Karhutla, BMKG Balikpapan: Ada 69 Titik Panas di Provinsi Kaltim

- 30 September 2023, 23:27 WIB
Petugas di Kabupaten Penajam Paser Utara sedang memadamkan karhutla di Kecamatan Penajam (ANTARA/HO-Pusdalops Kabupaten PPU)
Petugas di Kabupaten Penajam Paser Utara sedang memadamkan karhutla di Kecamatan Penajam (ANTARA/HO-Pusdalops Kabupaten PPU) /

MALANG TERKINI - Musim kemarau berkepanjangan imbas fenomena El Nino menimbulkan permasalahan lingkungan. Salah satunya adalah terjadinya kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

Karhutla sendiri saat ini banyak terjadi diberbagai daerah di Indonesia. Hal ini juga berdampak pada suhu udara yang meningkat. Salah satunya juga terjadi di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi 69 titik panas di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), sehingga pihak terkait diharapkan melakukan mitigasi dan masyarakat diajak saling menjaga agar tidak terjadi penambahan titik panas.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman-Sepinggan BMKG Stasiun Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Sabtu, mengatakan bahwa sebanyak 69 titik panas tersebut terpantau Sabtu ini mulai pukul 01.00 hingga 17.00 Wita.

Ia menjelaskan titik panas merupakan indikator kebakaran hutan atau lahan (karhutla) yang terdeteksi dari suatu lokasi, dengan suhu relatif tinggi dibandingkan dengan suhu di sekitarnya.

Untuk itu, ia mengajak semua lapisan masyarakat saling menjaga dan waspada, seperti tidak membuang puntung rokok sembarangan, kemudian tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan agar tidak terjadi kebakaran, terutama karhutla.

Sebanyak 69 titik panas ini tersebar di enam kabupaten di Kaltim dan telah diinformasikan ke pihak terkait, termasuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten masing-masing untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Enam kabupaten yang terdeteksi 69 titik panas ini adalah Kabupaten Paser terdapat 28 titik, Penajam Paser Utara 3, Kutai Barat 6, Kutai Timur 11, Kutai Kartanegara 20, dan Kabupaten Berau terdeteksi 1 titik panas.

Diyan merinci di Kabupaten Kutai Barat yang terpantau 6 titik, tersebar di dua kecamatan yakni Kecamatan Bongan 3 dan Siluq Ngurai 3, keenamnya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Halaman:

Editor: Ianatul Ainiyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah