Menjaga Kelestarian Bahasa Daerah dengan Merawat Keberagaman di Indonesia

- 30 September 2023, 21:18 WIB
Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung M. Irsan. (ANTARA/ Elza Elvia)
Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung M. Irsan. (ANTARA/ Elza Elvia) /

MALANG TERKINI - Indonesia diketahui memiliki keberagaman bahasa daerah. Setiap daerah memiliki banyak bahasa yang patut untuk dijaga, dirawat, dan dilestarikan.

Menjaga dan melestarikan keberagaman bahasa daerah ini perlu dilakukan oleh semua masyarakat, termasuk pemerintah maupun instansi terkait. Sebagai contohnya adalah yang dilakukan di Bangka Belitung.

Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tahun ini mengusulkan sebanyak 250 kosakata dari Pulau Belitung untuk dimasukkan dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) sehingga bisa diakui sebagai bahasa negara.

Usulan tersebut patut mendapatkan apresiasi baik pemerintah maupun masyarakat karena akan memperkaya kata dalam KBBI, sekaligus menjaga kelestarian bahasa daerah.

Kosakata dalam KBBI ada yang diserap dari bahasa daerah maupun bahasa asing. Untuk menjadi kosakata bahasa Indonesia, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki, antara lain unik, eufonik, seturut kaidah Bahasa Indonesia, tidak berkonotasi negatif, dan kerap dipakai.

Kepala Kantor Bahasa Babel Muhammad Irsan mengatakan selama ini banyak bahasa daerah di seluruh Indonesia yang sudah dimasukkan dalam KBBI dan cukup populer digunakan dalam komunikasi sehari-hari.

Salah satu bahasa daerah yang cukup banyak masuk dalam KBBI adalah bahasa dari Pulau Jawa, antara lain kata santai sebagai persamaan rileks yang diusulkan oleh wartawan di Jawa. Ada juga seorang guru di Sumatera Selatan yang mengusulkan kata mantan penyamaan kata bekas. Kata-kata ini pada saat ini sudah cukup populer dan kerap digunakan dalam bahasa sehari-hari.

Ke depan diharapkan semakin banyak bahasa lokal Bangka dan Belitung masuk dalam KBBI dan digunakan dalam komunikasi verbal maupun tertulis dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum diusulkan untuk masuk KBBI, 250 kosakata tersebut sudah diolah berdasarkan masukan-masukan dari tim KBBI dan disidangkan dalam sidang kosakata bahasa daerah.

Halaman:

Editor: Ianatul Ainiyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah