Ternyata Bermain Boneka Punya Banyak Manfaatnya Bagi Si Kecil

- 22 November 2020, 17:05 WIB
Ilustrasi Bayi /PIXABAY/jelly

MALANG TERKINI - Bermain adalah kegiatan utama yang dilakukan oleh anak-anak untuk mempelajari banyak hal sekaligus mengembangkan kemampuannya, termasuk bermain boneka. 

Anak perempuan senang bermain boneka, kadang mereka mengoleksi banyak boneka dari beragam tokoh yang mereka sukai. 

Walaupun sekilas hanya terlihat bermain, ternyata anak-anak mempelajari banyak hal dari permainan tersebut.

Baca Juga: Mengenal Buah Naga, Buah Ajaib yang Bisa Menangkal Kanker dan Menjaga Kesehatan Jantung

Sebagaimana dikutip MalangTErkini.com dari Antara, studi yang menggunakan bukti baru bahwa permainan boneka mengaktifkan daerah otak anak yang memungkinkan anak-anak mengembangkan empati dan ketrampilan pemrosesan informasi tersebut.

Diketahui, studi terbaru dilakukan terhadap 42 anak yang terdiri dari 20 anak laki-laki ndan 22 anak perempuan pada rentang usia 4-8 tahun.

Survei tersebut juga dilakukan oleh OnePoll pada Juli 2020 di 22 negara berbeda yang menanyai 15.000 orang tua dari anak-anak berusia 3-10 tahun.

Tidak heran bila terapis atau psikolog kadang menggunakan boneka setiap melakukan konseling dengan anak-anak. Sebab, terapis atau psikolog tahu bahwa boneka memiliki kedekatan dengan anak.

Bermain boneka membantu anak mengolah emosinya, seperti rasa empati dan kasih sayang. Ini bisa dilihat dari cara anak memperlakukan boneka yang menjadi latihan bagi anak untuk meningkatkan kepeduliannya kepada orang-orang di sekitar.

Halaman:

Editor: Lazuardi Ansori

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X