Benarkah Pasien Diabetes Boleh Konsumsi Gula Pasir Sebagai Pemanis?

- 30 September 2023, 22:59 WIB
Simak penjelasan dietisien terkait pasien diabetes apakah masih bisa mengonsumsi gula pasir sebagai pemanis.
Simak penjelasan dietisien terkait pasien diabetes apakah masih bisa mengonsumsi gula pasir sebagai pemanis. /freepik/jcomp/

 

MALANG TERKINI - Selama ini seseorang yang didiagnosis mengalami penyakit diabetes seringkali tidak diperbolehkan mengonsumsi gula yang ada pada umumnya sebagai pemanis.

Tidak sedikit penderita diabetes yang akhirnya disarankan untuk mengganti gula pasir yang biasa digunakan dengan gula lainnya. Namun pada dasarnya benarkah bahwa sebenarnya pasien diabetes masih boleh mengonsumsi gula pasir.

Dietisien Instalasi Pelayanan Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Sri Rejeki Wahyuningrum SKM, RD mengatakan pasien diabetes masih diperbolehkan mengonsumsi gula pasir sebagai pemanis dengan takaran yang sesuai.

"Jadi sebetulnya komposisi glukosa atau sukrosa, gula pasir salah satu contohnya, itu dalam kebutuhan kalori kita sehari-hari masih boleh diberikan sebanyak 5 persen dari total kebutuhan kalori sehari," ujar Sri Rejeki dalam webinar, Sabtu.

Dia mencontohkan, apabila kebutuhan kalori harian pasien diabetes adalah 1.700 kalori, maka 5 persen dari asupan karbohidrat dapat digunakan untuk gula pasir.

Satu sendok makan gula pasir, kata dia, juga setara dengan satu porsi buah. Artinya, bila pasien diabetes ingin meminum teh dengan satu sendok gula pasir, maka hal itu setara dengan mengonsumsi satu porsi buah.

Namun, penting untuk diingat bahwa saat mengonsumsi gula pasir, pasien diabetes hanya mendapatkan rasa manis saja, tanpa serat atau vitamin seperti yang terdapat dalam buah-buahan.

Maka dari itu, mengonsumsi buah-buahan tetap menjadi pilihan yang lebih sehat karena mengandung nutrisi tambahan.

Halaman:

Editor: Ianatul Ainiyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah