Apa Itu Panic Buying? Melanda Warga Malaysia Beberapa Waktu Lalu

- 21 Mei 2023, 17:10 WIB
Apa Itu Panic Buying?
Apa Itu Panic Buying? /pexels/ Liza Summer/

MALANG TERKINI - Panic buying, atau pembelian berlebihan akibat panik, adalah fenomena di mana konsumen secara tiba-tiba dan tidak terkendali memborong barang-barang tertentu dalam jumlah besar.

Praktik ini sering terjadi ketika masyarakat menghadapi situasi krisis atau ancaman yang dirasakan, seperti bencana alam, gangguan pasokan, atau ketidakpastian yang tinggi.

Beberapa waktu lalu, Malaysia mengalami gelombang panic buying yang memengaruhi masyarakat di berbagai wilayah negara tersebut. Salah satu contoh kasus adalah ketika Penang mengalami gangguan pasokan air yang tidak terjadwal.

Baca Juga: Apa Itu Dating Fatigue? Rasa Lelah Mencari Cinta dan Tips Mengatasinya

Situasi ini mengakibatkan kepanikan di antara penduduk setempat, yang kemudian memborong air mineral dalam jumlah besar.

Panic buying sering kali dipicu oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah ketakutan akan kekurangan pasokan atau kebutuhan pokok yang dianggap penting.

Informasi yang tersebar luas melalui media sosial atau saluran berita juga dapat memicu kepanikan dan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian berlebihan.

Sebagaimana dilansir Malang Terkini dari investopedia.com, fenomena panic buying memiliki dampak yang signifikan, baik secara ekonomi maupun sosial. Dari segi ekonomi, panic buying dapat menyebabkan kelangkaan barang dan kenaikan harga yang drastis.

Baca Juga: Apa Itu Cancel Culture? Istilah yang Populer untuk Memberikan Hukuman Sosial

Halaman:

Editor: Lazuardi Ansori


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub